Pengertian Command line adalah

by Om.makplus , at 04.53 , has 0 komentar
ads
IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 32 :
Pengertian command line adalah perintah berupa teks yang diketikkan dengan tujuan untuk berinteraksi dengan sistem komputer.

Pengertian CLI (Command Line Interface) adalah baris perintah yang dituliskan oleh user untuk menjalankan suatu instruksi pada sistem operasi yang dilakukan di terminal atau pada console Linux yang mana perintah-perintah ini adalah perintah internal atau internal command.

Menguasai perintah teks sangat wajib, meskipun sudah ada fasilitas GUI (perintah secara Grafikal User Interfaces) tetap saja ada perintah yang tidak tersedia dalam bentuk GUI dan baris perintah sangat efisien untuk melakukan suatu pekerjaan, jadi sedikit banyak kita harus mengeti dan pahan tentang perintah baris ini. Seperti halnya bila kita mengetikkan perintah di DOS, command line atau baris perintah di Linux juga diketikkan di prompt dan diakhiri enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Berikutnya akan dijelaskan beberapa perintah dasar yang mungkin kelak akan sering digunakan terutama oleh para pemula.

Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Dua tipe interface sistem operasi :
  1. Command Line Interface (CLI) – berbasis teks, yang jika melakukan perintah harus dengan mengetikan perintah.
  2. Graphical User Interface (GUI) – berbasis grafis, dgn memiliki tampilan berupa menu dan icon


0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger