ads
Anggota IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 31
pengertian clipboard adalah ruang penyimpanan sementara untuk menyimpan data sebelum melakukan proses paste, setelah melakukan penyalinan file (copy).
pengertian clipboard adalah ruang penyimpanan sementara untuk menyimpan data sebelum melakukan proses paste, setelah melakukan penyalinan file (copy).
Clipboard adalah suatu tempat di memory yang disediakan oleh Microsoft office untuk menyimpan sementara hasil pengcopyan. Jadi setiap kita mencopy gambar atau teks maka saat itu juga gambar atau teks itu akan disimpan didalam clipboard. Jadi apa dong kegunaannya??eit sabar..sabar..baca lagi selanjutnya…
Jadi kegunaan clipboard antara lain:
1. Jika gambar atau teks yang kita copy ada banyak dan ada beberapa yang berulang maka kita ga perlu mencopy ulang lagi.misalnya ada 10 gambar yang kita copy, setelah sampai di gambar yang ke 10 kita ingin copy lagi gambar yang ke 2 maka kita cukup klik gambar yang ke 2 yang ada di dalam clipboard.
2. Memudahkan kita dalam mengcopy antar aplikasi office, seperti dari powerpoint ke word atau sebaliknya atau dari excel ke power point, excel ke word atau sebaliknya. Misalnya kita ingin mengcopy isi dari slide2 yang ada di power point ke word. Maka biasanya yang kita lakukan adalah buka powerpoint–>copy–>buka/p indah ke word–>paste, kemudian buka powerpoint lagi–>copy–>pindah ke word –>paste lagi, dan seterunya sampai selesai. Dengan adanya clipboard hal ini akan dipermudah, caranya kita cukup buka power point–>kemudian copy semua terlebih dahulu teks atau gambar yang kita ingin copy–>buka word dan tampilkan clipboard, setelah itu tinggal kita klik hasil copyan kita dari dalm clipboard. Simple kan?en yang pasti ga perlu buka tutup powerpoint dan word.
Cliboard di Microsoft Office 2007 adanya di menu Home di deretan toolbar paling kiri, kemudian dibawah paste ada tulisan Clipboard dan ada tanda panah di sebelah kanannya.
Buat munculin clipboard klik tanda panahnya. Untuk mempaste hasil pengcopyan yang di dalam clipboard caranya tinggal klik aja di hasli copyannya dan otomatis langsung di paste di dokumen. Buat menghilangkan isi clipboard tinggal klik tombol Clear.
Kalo mau mempaste semua hasil pengcopyan yang ada didalam clipboard, tinggal klik tombol Paste All.
Jadi kegunaan clipboard antara lain:
1. Jika gambar atau teks yang kita copy ada banyak dan ada beberapa yang berulang maka kita ga perlu mencopy ulang lagi.misalnya ada 10 gambar yang kita copy, setelah sampai di gambar yang ke 10 kita ingin copy lagi gambar yang ke 2 maka kita cukup klik gambar yang ke 2 yang ada di dalam clipboard.
2. Memudahkan kita dalam mengcopy antar aplikasi office, seperti dari powerpoint ke word atau sebaliknya atau dari excel ke power point, excel ke word atau sebaliknya. Misalnya kita ingin mengcopy isi dari slide2 yang ada di power point ke word. Maka biasanya yang kita lakukan adalah buka powerpoint–>copy–>buka/p indah ke word–>paste, kemudian buka powerpoint lagi–>copy–>pindah ke word –>paste lagi, dan seterunya sampai selesai. Dengan adanya clipboard hal ini akan dipermudah, caranya kita cukup buka power point–>kemudian copy semua terlebih dahulu teks atau gambar yang kita ingin copy–>buka word dan tampilkan clipboard, setelah itu tinggal kita klik hasil copyan kita dari dalm clipboard. Simple kan?en yang pasti ga perlu buka tutup powerpoint dan word.
Cliboard di Microsoft Office 2007 adanya di menu Home di deretan toolbar paling kiri, kemudian dibawah paste ada tulisan Clipboard dan ada tanda panah di sebelah kanannya.
Buat munculin clipboard klik tanda panahnya. Untuk mempaste hasil pengcopyan yang di dalam clipboard caranya tinggal klik aja di hasli copyannya dan otomatis langsung di paste di dokumen. Buat menghilangkan isi clipboard tinggal klik tombol Clear.
Kalo mau mempaste semua hasil pengcopyan yang ada didalam clipboard, tinggal klik tombol Paste All.