ads
KAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 8
Pengertian animation adalah pergantian tampilan atau posisi objek 2D atau 3D dengan tujuan untuk membuat objek tersebut bergerak seolah-olah hidup. animations (animasi) pada dasarnya hal ini merupakan gambar-gambar bergerak
yang dapat digunakan untuk menggambar tahap-tahap berurutan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar
yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul
efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Wayang kulit
merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika
teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang
kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar
bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Ada dua proses pembuatan film animasi, diantaranya adalah secara konvensional dan digital.
Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal,
sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal
perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses
konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules
mengakui komputer cukup berperan. "Perbaikan secara konvensional untuk 1
kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan
waktu berkisar antara 30-45 menit." Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing
dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti
dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya
selesai dibuat.