Pengertian Cluster adalah

by Om.makplus , at 22.30 , has 0 komentar
ads
IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 31 :
Pengertian Cluster adalah sekelompok ruang data pada media penyimpanan hardisk. Cluster merupakan unit terkecil dari manajemen ruang hardisk. Cluster berfungsi sebagai penentu lokasi dan sebagai identitas suatu file di dalam hardisk.

Komponen yang terdapat pada cluster computer adalah :
Node,sistem komputer terdiri dari beberapa node paling sederhananya terdiri atas dua node. node disini adalah komputer yang mandiri artinya mampu memproses tugas komputasi tanpa node lain.
sistem operasi yang mendukung jaringan kumputer
Cluster middleware ,perangkat yang memungkinkan node yang ada bisa saling bekerjasama.
 
Aplikasi yang mendukung pemindahan tugas . jenis-jenis Cluster computer :
High Availability Cluster
High Performance Computing Cluster
Load balancing Cluster Tujuan pembuatan Cluster computer :
a.High availability Cluster
pada sistem ini cluster dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan unjuk kerja komputasi dengan memecahkan tugas tugas ke beberapa node.
b.Load Balancing
tujuannya untuk membagi operasi node ke node lain sehingga semua operasi tertangani dengan baik dan sebuah node tidak mempunyai Load yang berlebihan.
c.High availability Cluster
sistem ini bertujuan agar sebuah layanan dapat terus tersedia tidak terhalang oleh SPOF (single poin of failur, komponen sistem yang yang jika gagal beroperasi mengakibatkan tidak tersedia ,contohnya kerusakan pada server,kerusakan HDD dll.

Manfaat Cluster computer
  • mengurangi biaya
  • pengolahan power
yang artinya kekuatan pemrosesan paralel dari cluster kinerja tinggi dalam banyak kasus ,terbukti biaya lebih efektif daripada mainframe dengan kekuatan yang sama harga lebih rendah per unit daya memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan ROI yang lebih besar dari anggaran IT mereka.
meningkatkan jaringan teknologi
Driving pengembangan cluster komputer telah mengalami kemajuan besar dalam teknologi yang berhubungan dengan jaringan bersama dengan penurunan harga teknologi tsb.
  • Skalabilitas
mungkin keuntungan terbesar dari cluster komputer adalah skalabilitasnya .cluster komputer dapat dengan mudah di perluas sebagai perubahan persyaratan dengan menambahkan node tambahan ke jaringan .
  • Ketersediaan
ketika komputer mainframe gagal,seluruh sistem gagal dan jika sebuah node dalam sebuah cluster komputer gagal, operasi bisa dengan sederhana di transfer ke node lain dalam cluster.memastikan bahwa tidak ada gangguan dalam pelayanan.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Struktur dari sebuah cakram penyimpanan data:
(A) track
(B) sektor geometris
(C) track sector
(D) cluster

Cluster, atau allocation unit (unit alokasi) dalam beberapa sistem berkas (file system) dan pengorganisasian disk, seperti File Allocation Table dalam sistem operasi MS-DOS dan NTFS dalam Windows NT merujuk kepada kumpulan sektor media penyimpanan yang digunakan oleh sistem operasi sebagai sebuah kesatuan, yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi di dalam berkas atau direktori. Cluster dimaksudkan untuk mengurangi keborosan dalam melakukan manajemen terhadap struktur data di dalam hard disk, sehingga sistem berkas tidak akan mengalokasikan sektor disk fisik, tetapi sekumpulan sektor yang saling bedekatan.

Ukuran cluster bervariasi, tergantung format sistem berkas yang digunakan dan juga kapasitas media penyimpanan (atau kapasitas partisi). Umumnya, sebuah cluster terdiri dari 1 sektor hingga 128 sektor. Untuk sebuah cakram yang menggunakan sektor dengan ukuran 512 bytes, sebuah cluster berukuran 512 byte akan memakan satu buah sektor, sementara cluster 4 kilobyte akan memakan 8 sektor.

Semakin besar ukuran cluster, maka semakin cepat proses transfer data yang dapat dilakukan, dan berlaku sebaliknya, karena memang sistem operasi menganggap sektor sebanyak itu sebagai satu kesatuan (daripada menggunakan sektor-sektor yang kecil). Meskipun demikian, semakin besar ukuran cluster dapat menyebabkan fragmentasi internal dan banyaknya ruangan yang terbuang (khususnya jika digunakan untuk menyimpan berkas-berkas yang kecil dalam jumlah yang besar), jika dibandingkan dengan ukuran cluster yang kecil; ruangan yang terbuang tersebut dinamakan juga dengan slack space. Semakin kecil ukuran cluster, maka semakin efisien penggunaan ruangan media penyimpanan, persentase fragmentasi yang lebih rendah, meski mengakibatkan dengan kinerja yang kurang begitu bagus.

Beberapa desain sistem berkas dengan ukuran cluster yang kecil (seperti halnya NTFS dari keluarga sistem operasi Windows NT) menggunakan memori cache tambahan yang dapat meningkatkan kinerja sistem berkas tersebut, dengan tetap mempertahankan ukuran cluster yang relatif kecil. Sistem berkas NTFS, dengan hanya menggunakan ukuran cluster 4 KB (8 sektor), dapat mengalamati hingga 16 Terabyte; bandingkan dengan FAT32, yang menggunakan ukuran cluster 32 KB (64 sektor), hanya dapat mengalamati hingga 2 Terabyte saja.

Penentuan ukuran cluster dapat dilakukan saat pemformatan dilakukan, meski hal ini kurang disarankan (sistem operasi akan menentukan ukuran cluster secara otomatis berdasarkan kapasitas media penyimpanan). Dalam keluarga sistem operasi Windows NT, utilitas command-line format atau snap-in MMC Disk Management (pada Windows 2000 ke atas) dapat melakukannya. Penggunaan utilitas format untuk menentukan ukuran cluster dapat dilakukan dengan sintaksis seperti di bawah ini: format <drive yang akan diformat>: /fs:<jenis format sistem berkas> /a:<ukuran cluster dalam byte>

Contoh: format F: /FS:NTFS /A:8192

Perintah di atas akan membuat sebuah volume NTFS yang memiliki ukuran cluster 8192 byte (8 KB) dan akan di-mount ke dalam drive F:.

Dalam sistem operasi GNU/Linux (dan kebanyakan keluarga sistem operasi UNIX), dapat dilakukan dengan menggunakan utilitas /sbin/mkfs.



0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger