Pengertian CMS adalah (Content Management System)

by Om.makplus , at 20.49 , has 2 komentar
ads
IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 31:
pengertian CMS adalah (Content Management System) adalah sebuah sistem gabungan perangkat lunak untuk mengatur dan memberikan fasilitas terhadap pembuatan dokumen dan konten lain.

Pengertian CMS (Content Management System)
Content Management System atau yang sering disebut dengan CMS ( dalam bahasa indonesia Sistem Pengelolaan Konten ) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan,pembaharuaan,dan publikasi content secara bersama (Collaborative Management System).Contentn mengacu pada informasi yang berupa text,gambar,grafik maupun dalam format-format lain yang bisa dipakai kedalam CMS itu sendiri guna untuk mempermudah dalam proses pembuatan,pembaharuan,pendistribusian,pencarian,penganalisisan,dan meningkatkan fleksibilitas yang kemudian ditrnsformasikan kedalam bentuk yang lain agar dapat lebih menarik dan mudah dipahami.Terminologi CMS sendiri cukup luas,diantaranya adalah software aplikasi,database,arsip,workflow,dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.

Content Management System (CMS) terbukti merupakan aset penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan secara efisien dan efektif,sehingga mendapatkan alokasi dana yang lebih.Saat ini,banyak perusahaan yang mengkobinasikan content tak berstruktur dengan transaksi tradisional dan application logic untuk membangun aplikasi berbasis Web.Web application ini mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para user-nya,dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan mandiri bagi para karyawan,partner,penyedia barang dan pelanggan.Applikasi berbasis Web yang semakin canggih,secara tidak langsung meningkatkan peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari infrastruktur aplikasi perusahaan.Dari sebuah kinerja yang sangat bagus,kini hasilnya sangat memuaskan.Kini banyak perusahaan yang tidak bisa dianggap remeh dengan adanya CMS yang digunakan sebagai aplikasi web.

Fleksibilas sebuah CMS, membuat CMS ini banyak dikembangkan oleh pihak-pihak lain, apalagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal ini lah yang membuat banyak developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web yang baru.
CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti :
  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce / Toko Online
  • Mengelola website pribadi / blog.
  • Dan lain-lain.
CMS saat ini berkembang pesat, banyak sekali macam-macam CMS. Dalam dunia blogging, CMS adalah salah satu andalan untuk membangun sebuah blog, yang mana notabene blogger tidak semuanya mengerti akan membuat website dari nol, tetapi hanya tahu cara menulis dan posting. Oleh karena itulah, kehadiran CMS ini sangat bermanfaat sekali.

Ada banyak CMS yang tersedia dan banyak digunakan saat ini,diantaranya adalah:
1.Joomla!
2.WordPress
3.Drupal
4.PHPbb
5.AuraCMS
6.Mambo
7.Moodle,dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa kelebihan dan kelemahan dari macam-macam CMS diatas:
@JOMLA!
CMS Joomla juga banyak yang menggunakannya. Mayoritas CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS Wordpress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih komplek dari CMS Wordpress dan sistem manajemennya yang sedikit rumit dari CMS Wordpress.
Kelebihan:
*Memiliki full control CMS
*Lebih aman dan nyaman serta full power
*Jomla! lebih SEO friendly dengan plugin SEF
Kelemahan:
*Adanya plugin kurang SEO Friendly
*Loadnya lumayan lambat
*Ukuran JavaScript dan CMS bisa membesar

@WORDPRESS
Tentu bagi kalian yang sudah lalu lalang di dunia web dan blog tidak asing lagi dengan CMS ini, namun untuk informasi bagi yang belum tahu, CMS Wordpress ini adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan ke dalam CMS jenis Blog. Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online. Karena CMS Wordpress ini selain User Friendly, juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas.
Kelebihan:
*Full SEO Friendly
*Instalasi mudah
*Ramah antaramuka pengguna grafis (GUI)
Kelemahan:
*Terlalu sederhana
*Kurang fleksibel

@DRUPAL
Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.
Kelebihan:
*Tingkat keamanan yang tinggi secara core
*Kemudahan sistem instalasi
*Tingkat kemudahan module
Kelemahan:
*CMS susah untuk dicustom
*Membutukan kemampuan dalam bidang programing(minimal PHP)

@PHPbb
Kelebihan:
*PHPbb memiliki desain yang lebih indah
*PHPbb memiliki database yang lebih mudah
*Mudah saat penginstalan
*PHPbb memberikan berbagai macam pilihan thread
Kelemahan:
*Sangat rawan dengan spam dari hacker
*Proses update harus secara automatic yang beresiko bila menggunakan Hosting,berakibat(BandWidth Limit Exceeded)

@AURACMS
Ini adalah salah satu CMS hasil buatan anak indonesia. Namun, CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS-CMS seperti di atas, tetapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini
Kelebihan:
*Sederhana,mudah dimodifikasi oleh pemula untuk dipelajari dan dikembangkan dengan PHP
*System modul,dengan konsep ini mempermudah untuk membuat modul baru
*Mudah dalam penggantian layout
Kelemahan:
*Dikembangkan oleh pemula bukan pakar
*Kurang populer dibandingkan dengan CMS lain
*Dokumentasi tidak lengkap.
2 komentar Add a comment
Melalui kehadiran online, manfaat membuat website perusahaan dapat memperluas jangkauan, membangun citra yang kuat, meningkatkan efisiensi operasional, dan meraih pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dari representasi yang profesional, alat pemasaran yang efektif, hingga sarana interaktif bagi pelanggan, fungsi website perusahaan telah membuktikan dirinya sebagai bagian integral dalam kesuksesan suatu perusahaan.

Dengan memahami dan mengimplementasikan elemen-elemen website perusahaan, perusahaan dapat membangun keberhasilan online yang kokoh, menarik pengunjung, membangun koneksi, dan mendorong pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.
Reply Delete
Dengan pemahaman yang jelas tentang kekurangan website CMS yang mungkin muncul, pengguna dapat membuat keputusan yang terinformasi dan mengelola website berbasis CMS mereka dengan lebih efektif.

Dengan memahami fungsi-fungsi website berbasis CMS, pemilik website dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk mencapai tujuan mereka dalam dunia digital yang terus berkembang.

Entitas dapat menikmati berbagai manfaat website berbasis CMS, mulai dari kemudahan pengelolaan konten hingga peningkatan keamanan. Keputusan untuk menggunakan CMS bukan hanya investasi dalam keberlanjutan teknologi, tetapi juga strategi untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja online.
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger