Pengertian Chat adalah (Chatting)

by Om.makplus , at 03.05 , has 0 komentar
ads
Anggota IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 30 :
Pengertian Chat adalah percakapan secara langsung antara dua orang atau lebih melalui jaringan komputer atau internet.
 
Pengertian chatting adalah suatu feature atau suatu program di Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pengguna internet yang sedang online / yang sedang sama-sama menggunakan Internet. Komunikasi ini dapat berupa teks (text chat) ataupun suara (voice chat). Atau definisi chatting adalah suatu pesan instant ataupun instant messaging di sebuah teknologi jaringan komputer yang mengijinkan pemakainya untuk mengirimkan pesan ke pengguna lain yang tersambung dalam sebuah jaringan komputer ataupun internet. Chatting tidak hanya populer dikalangan kaum remaja atau anak muda saja tetapai jaman sekarang ini, sudah merambah kekalangan orang tua sekalipun. Dengan adanya chatting, kita dapat dengan bebas mengobrol mengenai apa saja mulai dari persahabatan, pekerjaan, pelajaran disekolah, mata kuliah, sampai masalah percintaan dan perjodohan, bahkan sampai dengan hal-hal bersifat pribadi sekali pun.
Aplikasi untuk melakukan aktifitas chatting disebut IM atau Instan Messenger. IM merupakan aplikasi pengolah pesan cepat yang memfasilitasi aktifitas komunikasi antara dua orang atau lebih secara realtime.
Aktifitas chatting semakin digandrungi akhir-akhir ini berkat semakin canggihnya teknologi ponsel. Jika dahulu ponsel hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat (SMS) dan telepon kini ponsel bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sehingga kegunaannya hampir menyerupai komputer. Pada ponsel cerdas atau smartphone kita bisa melakukan aktifitas chatting, dan aplikasi chatting yang sangat populer adalah Blackbeery Messenger (BBM), WhatsApp, dan Line. Sebetulnya masih banyak lagi aplikasi chatting yang bisa digunakan pada smartphone dengan menawarkan keunggulan dan fitur yang berbeda-beda. 
Email menjadi titik awal munculnya aktifitas pengiriman pesan instan atau chatting. Email dahulu merupakan sebagai terobosan baru yang dapat menggantikan pengiriman pesan secara konvensional. Namun pada perkebangannya Email dirasakan kurang bisa begitu efisien untuk melaksanakan pengiriman pesan yang cepat. Karena terkadang pesan yang terkirim melalui email membutuhkan waktu respon yang lama dari si penerima, dan si pengirim tidak bisa mengetahui apakah pesannya tersebut telah dibaca atau belum bahkan si pengirim tidak mengetahui apakah si penerima dalam keadaan online atau tidak.
Semakin bertambahnya kebutuhan manusia terhadap komunikasi pengiriman yang cepat merangsang pengembang perangkat untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman pesan yang cepat. Lalu muncullan sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk berkirim pesan dengan pengguna komputer yang sedang online, aplikasi ini dipelopori oleh penyedia jasa daring Quantum Link atau lebih dikenal dengan nama American Online.
Pada tahun 1996 bulan November menjadi hari bersejarah untuk penggemar chatting, karena disaat itulah diperkenalkan sebuah aplikasi chatting secara resmi oleh Mirabilis untuk aplikasinya yang bernama ICQ. Mulai saat itu aktifitas chatting menjadi semakin menjamur. Kemudian pada tahun 1997 muncul aplikasi chatting baru bernama AIM (AOL Instant Messenger) besutan AOL, pada perkembangannya AOL mengakuisisi Mirabilis.
Sejak saat itu hingga kini aplikasi IM semakin banyak bermunculan dengan menawarkan fitur yang lebih canggih. Melalui aplikasi IM terbaru seperti Yahoo Messenger kita bisa chatting dengan bertatap muka dengan dukungan perangkat Kamera. Dan aktifitas chatting kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah bisa dilakukan pada smartphone dengan aplikasinya populer BBM, WhatsApp, Line atau masih banyak lagi yang lainnya.

Inilah beberapa fungsi & manfaat chatting
Inilah beberapa fungsi dan manfaat chatting yang bisa kita diperoleh, diantaranya seperti:
  • Sarana murah serta mudah untuk berkomunikasi.
  • Sebagai sarana konsultasi dengan dokter (Beberapa situs tertentu menyediakan jasa konsultasi dengan dokter, & kita dapat memanfaatkan layanan tersebut)
  • Sebagai sarana untuk berhubungan dengan para pakar.
  • Mengetahui isi buku.
  • Dapat mendapatkan teman yang baru.
  • Sebagai sarana belajar dan juga berdiskusi, dan yang lainnya.
Dan inilah dapak negatif dari chatting
Berikut ialah beberapa dampak negatif atau buruk dari chatting, diantaranya seperti :
  • Mengobrol yang tidak senonoh / tidak sopan.
  • Kompuert atau gadget dapat terkena virus.
  • Jika terlalu sering bisa menimbulkan masalah kesehatan misalnya seperti: rematik dan otot menjadi pegal.
  • Maniak atau ketagihan chatting.
  • Berhubungan dekat/ berteman dengan orang yang tidak jelas.
  • Jika terlalu sering dapat merusak mata karena terlalu lama di depan komputer.
  • Seseorang mudah tertipu (jadi harus berhati-hati jika chatting jangan langsung percaya pada orang yang baru dikenal), dan yang lainnya.

Daftar 10 Aplikasi Chatting di Komputer
Yahoo Messenger
Windows Live Messenger
Google Talk
AIM
Pidgin
ICQ
Camfrog
Skype
Facebook Messenger
XChat

Daftar 10 Aplikasi Chatting di Smartphone
BBM
WhatsApp
Line Messenger
KakaoTalk Messenger
WeChat
Skype
Yahoo Messenger
Nimbuzz
Google Talk
Facebook Messenger







0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger