Pengertian chat room adalah

by Om.makplus , at 02.56 , has 0 komentar
ads
Anggota IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 26 :
Pengertian chat room adalah tempat atau ruang yang digunakan para pelaku chat untuk berkomunikasi secara online. Sebuah Chat room biasanya dipandu atau dijaga oleh seseorang yang biasa disebut moderator atau operator.

CHAT ROOM (RUANG CHAT)
Istilah chat room, atau ruang chat, terutama digunakan oleh media massa untuk menggambarkan setiap bentuk konferensi sinkron (saling berhubungan) , kadang-kadang bahkan konferensi asynchronous ( tidak saling berhubungan). Sebuah ruang chat tersebut merupakan situs web, bagian dari situs web atau bagian dari layanan online seperti American Online yang menyediakan tempat bagi pengguna untuk berkomunikasi secara real time atau diwaktu yang sama. Di dalam suatu situs chat room biasanya terdapat daftar orang-orang yang sedang Online sehingga memudahkan kita untuk melakukan chating tanpa harus mencari siapakah yang sedang online pada saat itu. Untuk melakukan chating sendiri, pengguna hanya tinggal mengetik di kotak chat yang muncul ketika kita masuk di ruang chat seseorang yang sedang online.
Beberapa ruang chat seperti Yahoo! Menggunakan teks dan suara secara simultan. Hal ini menambah kenyamanan saat kita melakukan chating dengan orang lain yang jauh diwaktu yang bersamaan. Bentuk tertua atau bentuk umum kamar chatting sendiri biasanya hanya teks saja. Selain itu, pada saat ini juga dikembangkan sebuah situs ruang chat yang menombinasikan antara teks, suara dan video yang dikenal dengan visual chat. Dengan perkembangan seperti ini, pengguna bisa langsung melihat dan mendengar orang yang sedang chating dengan kita.
Fungsi utama dari ruang chat ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk saling bertukar informasi antar satu sama lain dalam waktu bersamaan tanpa harus membayar mahal seperti alnya lewat telepon. Tetapi, ada juga yang menyalahgunakan fungsi utama dari ruang chat ini, seperti seks online. Hal ini menimbulkan kekhawatiran yang meluas tentang potensi eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur.
Setiap hal pasti mengandung hal positif dan negative. Tergantung bagaimana pemikiran pengguna untuk memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh situs – situs ruang chat. Ambilah sesuatu yang positif dari kemajuan teknologi saat ini.

0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger