Pengertian Card Reader dan fungsinya adalah

by Om.makplus , at 23.40 , has 1 comment
ads
IKAPI, Kamus Istilah Komputer untuk Orang Awam, Palembang Maxikom, 2009 halaman 26 :
Pengertian card reader adalah nama untuk perangkat yang bisa membaca kartu memori seperti MMC, MicroSD, Memory Stick, dan sebagainya. Card Reader dihubungkan pada komputer melalui port USB.
-------
Card reader biasanya di hubungkan ke komputer dengan kabel USB. USB berfungsi untuk mengakses data pada kartu memori.
Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, seiring majunya teknologi. Kini banyak card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori. Alat ini sering disebut dengan Multicard reader. 

Cara kerja
Bila Anda mengakses file melalui komputer Anda, card reader akan mengirimkan sinyal listrik ke kartu media melalui kontak di ujung casing kartu. Sinyal-sinyal listrik yang digunakan untuk membaca data yang disimpan pada kartu media.
Seperti semua bentuk memori solid-state, kartu media menggunakan serangkaian transistor untuk merekam data. Transistor ini selaras untuk mewakili data biner, bentuk dasar dari semua file komputer. Jika arus listrik yang dikirim dari kartu pembaca USB dapat melewati transistor, bagian itu dibaca sebagai 1. Jika tidak, itu dikembalikan sebagai 0. Pembaca kartu mengkompilasi hasil dan mengirimkannya ke program komputer yang meminta informasi dari kartu. Program ini dapat menggunakan data biner untuk membuat representasi visual dari data, seperti dokumen gambar atau teks, yang dapat Anda lihat.Beberapa pembaca kartu USB juga memiliki fungsi menulis. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file dari komputer Anda pada kartu media, mengedit file yang ada atau benar-benar menghapus kartu. Proses mengubah data sama dengan data membaca. Alih-alih mengirimkan arus untuk membaca status dari transistor, pembaca kartu mengirimkan arus yang akan meluruskan kembali transistor untuk mewakili data baru. Dalam kasus menghapus satu atau semua file, transistor yang terkena dampak beralih ke posisi 1. 

Fungsi Card Reader
Sebagai alat perantara untuk membaca kartu memori,yaitu handphone/Camera Digital/PDA. Fungsi card reader adalah sebagai penghubung yang tersambung pada usb laptop maupun komputer dimana data yang tersimpan pada memory. Untuk itu, dengan menggunakan perangkat seperti ini, tentu data yang ada dapat diakses dan dipindahkan sesuai keinginannya dalam berbagai format. Tentunya kita sudah paham dengan apa itu memory card reader? Ini adalah perangkat kecil yang berguna sebagai kebutuhan pada aktivitas sekolah, kuliah maupun kerja yang berhubungan dengan adanya tugas yang disimpan melalui memory.
Selain itu, bertindak sebagai perangkat penyimpanan removable untuk berbagai peralatan yang mirip dengan kamera digital, camcorder, ponsel, pemutar audio dan lain-lain yang dapat membaca kartu memory tersebut. Perbedaannya adalah bahwa yang pertama hanya dapat membaca satu jenis kartu, sementara yang kedua dapat membaca beberapa format kartu.
Jika tidak menggunakan card reader, maka anda bisa menghubungkan perangkat digital langsung ke komputer melalui kabel USB. Sebagai contoh, jika and memiliki kamera digital dan berniat untuk mentransfer foto yang diambil pada system komputer, maka ada dua cara penghubung yang harus anda gunakan. Salah satunya adalah menghubungkan kamera langsung ke komputer melalui port USB menggunakan kabel USB atau hanya mengeluarkan kartu memori dari kamera dan memasukkannya ke slot komputer menggunakan card reader.
Keuntungan menggunakan card reader adalah tidak menggunakan perangkat lain yang diperlukan atau menghemat daya baterai dan tambahan depresiasi perangkat. Kedua, ini dapat dibaca langsung oleh komputer tanpa perangkat lunak yang sangat menyederhanakan pekerjaan.
Hal ini, menggunakan card reader memang sangat umum bagi orang-orang zaman sekarang.Sebab, ini tidak menghabiskan waktu pengerjaan dan tidak perlu membawa perangkat lain. Cukup hanya dengan memasang memory pada card reader, anda bisa mentransper foto ke computer milik pribadi maupun orang lain. Manfaat card reader adalah perangkatnya bisa dibawa kemana saja dan tidak memberatkan. Kartu memori sangat kompak jika dipasang pada card reader. Yang mana, bentuk ukuran kecil ini dapat menciptakan hasil penghubung ke usb yang lebih maksimal dan mudah digunakan setiap saat.Hal itu, memiliki card reader tentu sangat penting bagi anak siswa, kuliah maupun pekerja kantoran.

Card reader ada 2 tipe:
  1. Single slot. Yaitu berupa Card Reader yang satu lubang, biasanya disebut 2in1, 3in1, 5in1 dan lain-lain. Tipe ini biasanya hanya bias membaca jenis memori dari Nokia, MMC, RSMMC, RSMMCDV, SD Card dan T-Frash.
  2. Multi slot. Perbedaan dengan single slot, multi slot memiliki 4 slot/lubang. Card reader tipe ini biasanya di sebut 9in1, 12in1, 15in1, 19in1, dan lain-lain. Tapi sekarang biasa disebut dengan “All in 1” kenapa “in” nya lama-lama semakin banyak? Karena teknologi semakin berkembang dan bertambah. Jenis kartu yang bias dibacapun semakin banyak, contohnya Memori Stik Duo dan Stik Pro Duo nya Sony Ericsson, CF (Compact Flash) Card yang umumnya untuk kamera Digital, XD, MicroDrive, Secure Media (SM), dan lain-lain.
Kecepatan Mentransfer Data
Untuk kecepatan membaca dan transfer data, card reader ini memiliki kecepatan yang sangat baik dikelasnya. Dengan kecepatan membaca rata-rata 37.4MB/s dan kecepatan menulis rata-rata 17.6MB/s, menjadikan card reader ini layak anda miliki dalam membantu aktifitas anda memindah dan mengisi memory ekternal yang anda miliki.

Cara Menggunakan Card Reader
Cara menggunakan USB Card Reader Jika tidak ada karya di atas, kemudian melakukan langkah-langkah berikut.
  1. Masukkan kartu memori ke pembaca. Jika pembaca kartu mendukung beberapa jenis kartu, melihat setiap slot untuk melihat mana yang lemari dengan ukuran yang Anda mencoba untuk membaca. Jika Anda mengalami hambatan, jangan memaksa kartu, cukup memutarnya sampai terpasang dengan benar. Ini hanya akan pergi dalam satu cara, dan ketika menghadapi arah yang benar, kartu akan meluncur tepat di dengan kekuatan kecil.
  2. Plug kabel USB pembaca kartu ke port USB gratis di komputer Anda. Jika Anda tidak memiliki port yang tersedia, Anda akan memiliki satu membebaskan dengan mencabut salah satu perangkat yang saat ini terhubung. Alternatif lain adalah dengan menginstal hub USB, yang membagi satu port menjadi beberapa. Kabel USB hanya akan memasukkan satu arah, jadi jika tidak masuk, flip itu sekitar dan mencoba lagi.
  3. Windows akan luangkan waktu untuk mengenali perangkat baru, maka secara otomatis akan menginisialisasi sebagai pembaca kartu USB. Jika dilakukan mengkonfigurasi perangkat, balon pesan akan muncul di dekat sudut kanan bawah layar yang memberitahu Anda bahwa perangkat siap untuk digunakan. Instalasi ini sepenuhnya otomatis, sehingga tidak ada input oleh Anda diperlukan.
  4. Tergantung pada pengaturan Anda sebagai persembahan jendela untuk menampilkan isi dari kartu memori akan muncul. Jika tidak, klik "Start" lalu "My Computer", kemudian klik dua kali pada "Removable Disk." Jika pembaca kartu Anda mendukung beberapa jenis media, mungkin menginstal lebih dari satu daftar judul sebagai "Removable Disk." Coba setiap satu untuk melihat yang berisi isi dari kartu Anda. Jika daftar salah, itu akan menampilkan pesan error yang mengatakan Anda untuk memasukkan disk ke dalam drive.
  5. Setelah Kartu memori terdeteksi komputer maka anda dapat mengirim data dari memori ke pc.







1  comment Add a comment
ga ku sangka bisa sepanjang ini penjelasannya tahun 2015 yah,. masa - masa aku berada di zona aman. Saat ini semua berubah, duniaku telah berakhir dan sudah saatnya untuk mengabdi demi menciptakan perubahan sistem kehidupan yang buruk ini
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger